myimage.id | Moto lewat helikopter merupakan suatu peristiwa yang sangat langka sekali. Kenapa?  Ya…yang jelas kita harus punya akses kesitu, kalau kita tidak punya pasti kita tidak dapat mendapatkan kesempatan ini. Saya akan sedikit berbagi tip untuk moto lewat udara menggunakan helikopter , mulai dari persiapan apa saja yang harus kita bawa sampai trik untuk mendapatkan momen yang bagus selama kegiatan ini berlangsung…dan semoga ini bagi semua yang membaca jikalau nanti mendapat kesempatan untuk mengabadikan momen seperti ini.

moto lewat helikopter
Team myimage REOG BIYAN beserta kru dari POLDA JATENG

Langkah awal moto lewat Helikopter adalah persiapan alat. Dalam persiapan alat sebaiknya kita mengecek alat-alat fotografi kita ini sudah siap untuk action kegiatan ini. Mulai dari persiapan kamera, lensa, baterai harus penuh dan jangan lupa memory kamera kita. Persiapan ini harus benar-benar matang. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Persiapan yang lain adalah koordinasi dengan pilot dan co pilot apa saja yang akan kita ambil fotonya. Posisi foto yang kita harapkan nantinya , pilot dan co pilot harus tahu. Karena ini sangat-sangat berkaitan. Kalau ini tidak ada koordinasi maka saya yakin kita tidak akan mendapat foto yang kita inginkan

moto lewat helikopter
Kawasan Pintu Gerbang Akademi Militer Indonesia

Langkah selanjutnya moto lewat Helikopter adalah, akan lebih ideal kalau kita menggunakan 2 kamera. Saran saja, sebaiknya satu kemera menggunakan lensa 24-70 mm atau 24-120mm dan satunya menggunakan 70-200 mm. Tapi biasanya yang banyak digunakan adalah yang kamera dengan lensa 24-70mm atau 24-120mm. Dengan kamera plus lensa 24-70 mm atau 24-120mm  sangat ideal sekali kalau kita moto kawasan diatas helicopter ini. Tapi kalau kita ingin foto yang lebih  detail maka kita menggunakan lensa 70-200mm.

Sebelum action di lapangan, langkah selanjutnya moto lewat Helikopter, hendaknya kamera sudah kita setting dulu. Saran saya pakai mode S (shutter priority auto). Mode ini akan lebih mempermudah kita untuk mendapatkam momen karena kita tidak terlalu banyak menekan tombol lain yang sangat tidak kita perlukan di atas helikopter. Kita hanya merubah speed pada kamera kita. Kalau kita di atas 100 m dari tanah saya kira bukaan atau f yang kita pakai yang terbesar,  yang terdapat pada lensa kita yang sebaiknya kita pergunakan.

moto lewat helikopter
EREVELD CANDI SEMARANG/TAMAN MAKAM KEHORMATAN BELANDA

Di usahakan speed kita yang harus di dapat adalah di atas 1/500 second. Karena kecepatan heli rata-rata sekitar 150 km/jam dan itu tidak pasti. Tergantung medan yang dilalui. Selama di dalam helikopter sebenarnya banyak sekali kendala-kendala yang kita hadapi. Mulai dari diri kita sendiri yang katanya kita siap sebagai fotografer tapi nyatanya di dalam heli, pengetahuan kita masalah fotografi kadang-kadang hilang jikalau kita dalam kondisi emosi atau terlalu bersemangat untuk mendapatkan momen. Makanya perlu kebijaksanaan kita di dalam helikopter hendaknya kita tidak terlalu emosi atau terlalu bersemangat,” just relax”. Kalau hal seperti ini yang berbicara adalah “pengalaman”.

moto lewat helikopter
JCLEC

Karena mungkin kita baru pertama kali naik helikopter, kadang-kadang waktu take off kita grogi atau takut ketinggian. Kalau sudah takut ketinggian sebaiknya tidak usah di lanjutkan. Dan di dalam helikopter jangan anda bayangkan moto kita seperti di darat dengan enaknya kita ambil angel dan momen. Beda sekali. Didalam moto lewat Helikopter banyak kendala mulai dari suara yang ditimbulkan sampai gerakan helicopter sangat-sangat mengganggu kita.

moto lewat helikopter
Jalan Tol Jatingaleh Mangkang dan kawasan belakang lahan AKPOL SEMARANG

Dan kita dalam posisi tidak bisa bebas karena sabuk pengaman selalu melilit kita. Cara mengatasinya adalah sebelum helikopter naik, hendaklah kita mencoba sabuk pengaman kita sesuai kehendak kita, artinya dalam pemotretan nanti sabuk itu jangan sampai mengganggu kita waktu mengambil foto. Posisikan keberadaan kita dengan teman atau orang lain yang juga mau mengambil foto dengan kita jikalau ada teman atau orang lain di dalam helikopter.

moto lewat helikopter
KAMPUS AKPOL

Ikutilah gerakan helicopter sesuai gerakannya. Dan cenderung kita yang harus menyesuaikan gerakan itu. Mungkin ada beberapa tembakan foto kita yang garis buminya kurang sesuai nantinya, tapi tidak masalah. Coba ambil  suatu kawasan yang kita foto dengan sedikit badan helikopter kita tampilkan disitu, maksudnya supaya itu membuktikan bahwa kita motonya dari dalam helikopter bukan pakai sarana drone.

moto lewat helikopter
Kawasan SMK Kartini kawasan Kawi Semarang

Tip terahkir moto lewat Helikopter adalah ambilah momen didalam helicopter ini sebanyak-banyaknya. Pakai release continyu mode untuk mendapatkan momen sebanyak- banyaknya.

moto lewat helikopter
Kawasan Kawi , Hotel Grand Edge dan SMP 5 Negeri Semarang

Itulah beberapa ulasan tentang betapa senangnya moto lewat Helikopter MI 2 plus milik POLDA JATENG. Semoga bermanfaat bagi teman-teman fotografer yang membacanya….Tunggu ulasan atau tip dan trik yang lain dari saya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here