myimage.id | Seni Foto Sinar Cipta adalah salah satu foto studio di semarang yang tertua. Foto studio ini didirikan oleh Yuwono Budi Santoso (JONG PAK YEN) di Semarang, tepatnya di jalan Petudungan No 67 Semarang. Pertama kali buka pada tahun 1968 yang mana peralatan studio dan kamera pada tahun ini menggunakan alat konvensional dari kamera sampai background studio, semua serba manual.

Seni Foto Sinar Cipta
Salah satu kenangan dengan foto lamanya di Permandian Siwarak Ungaran

Studio foto yang dikelola Yuwono Budi Santoso ini dipelaksanaannya dibantu anak dan istrinya untuk mengelola studio ini menjadi salah satu studio andalan warga sekitar yang membutuhkannya. Karya dari studio Seni Foto Sinar Cipta jangan ditanya lagi. Mereka menerima segala genre fotografi, mulai dari human interest sampai pada foto model. Disini yang sangat menarik adalah genre foto model yang pada jaman dahulu masih jarang sekali genre ini berkembang. Dan hasilnya,jangan ditanya ”keren”. Mulai dari lighting sampai gaya yang dilakukan sangat-sangat tidak kalah dengan fotografer profesinal jaman sekarang ini.

Seni Foto Sinar Cipta
Yuwono Budi Santoso (JONG PAK YEN) bergaya dengan YASHICA mat 124 G nya

Seni Foto Sinar Cipta sangat konsisten dengan dunia fotografi. Pesan dari Yuwono Budi Santoso selaku pemilik Seni Foto Sinar Cipta  adalah kalau mau belajar fotografi sebaiknya konsisten artinya kita selalu dituntut untuk selalu belajar terus walupun hasilnya sudah bagus, karena dengan berlatih terus hasil foto kita makin tambah sempurna.

Seni Foto Sinar Cipta
Tidak kalah dengan jaman sekarang posenya

Banyak yang tidak mengenal Yuwono Budi Santoso sebagai salah satu fotografer di Semarang. Beliau menerjuni dunia fotografer awalnya hanya murni hobby. Lahir di Jakarta pada tahun 1937. Hasil foto hanya untuk koleksi pribadi tidak untuk komersil. Tapi dari akar hobby inilah Seni Foto Sinar Cipta ini masih bertahan sampai sekarang, dengan segala dinamika dari tahun ke tahun yang banyak mengalami pasang surut dan masalahnya.

Seni Foto Sinar Cipta
Yuwono Budi Santoso (JONG PAK YEN) di depan studionya

Walaupun sudah mengalami 2 generasi teknologi di dunia fotografi, masih bertahan sampai sekarang. Dan bahkan pelanggan setia Seni Foto Sinar Cipta masih menggunakan jasa Seni Foto Sinar Cipta sampai sekarang. Ada pelanggan setia Seni Foto Sinar Cipta sudah tiga generasi, maksudnya dari ibu, anak sampai cucu masih menggunakan jasa Seni Foto Sinar Cipta untuk mengabadikan momen keluarga sampai pas foto 3×4 untuk urusan kantor maupun sekolah. Bisa kita bayangkan betapa survivalnya Seni Foto Sinar Cipta menghadapi jaman dengan segala fasilitasnya dan jasanya.

Seni Foto Sinar Cipta
Santai bersama anaknya (YUNIKA)

Banyak foto studio di Semarang yang seangkatannya seperti Java studio, foto studio ketawa, foto lie tamrin, photax studio, seni foto gerak cepat, semua rata-rata sudah tutup, semua berganti alih haluan menjadi bisnis yang lain. Yang jelas para studio lama ini tidak mengikuti pertumbuhan generasi jaman dan teknologi, serta generasi pengganti studi photo ini juga mulai enggan berbisnis ini yang menurut pendapat mereka semakin sedikit konsumennya.

TEAM myimage dengan Yuwono Budi Santoso (JONG PAK YEN)

Inilah istimewanya studio foto ini, dari akar fotografi yang kuat mereka mampu menghadapi segala bentuk rintangan fotografi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here