Myimage.id | Soleh adalah perbuatan baik, yang diikuti dengan tingkah laku  bisa di jadikan contoh di masyarakat dan di pertanggung jawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Perbuatan Soleh/berbuat baik itu bermacam-macam antara lain :

  • Menjaga lingkungan di masyarakat agar tetap utuh
  • Terhadap lingkungan kita harus ramah.
  • Membantu teman yang sedang kesusahan.
  • Menghormati orang tua/ayah dan ibumu itu yang terpenting. Karena ayah ibu merupakan lingkungan paling dekat dan paling berpengaruh terhadap perbuatan soleh kita.

Soleh muncul dari diri kita sendiri, itu yang paling utama. Dari diri kita inilah maka berimbas kebaikan di masyarakat, selain itu juga ketakwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa juga pasti akan menjadi lebih teguh, seperti kita akan berdoa atau sholat tepat waktu (bagi yang beragama Islam/umat beragama) dimanapun dan disaat apapun seperti yang di lakukan anak kecil ini. Walaupun dia sedang memancing ikan di sungai, pada waktunya sholat, dia tetap melaksanakan ibadah sholat ini walaupun hanya beralaskan jaket di atas batu sungai yang kondisinya bersih. Benar-benar moment yang sangat langka ditemui pada jaman sekarang, apalagi ini dilakukan anak kecil. Suatu tindakan contoh yang nyata yang patut kita tiru semua.

Tergambar jelas sekali bocah ini sangat soleh. Dia sama sekali tidak terganggu dengan keadaan lingkungannya dalam melaksanakan sholat ini. Temannya masih main dengan santainya, sedangkan dia sangat khusuk melakukan sholat. Suatu perbuatan yang patut kita contoh dan teladani. Selain itu kita juga di harapkan  akan sering bersedekah bagi kaum yang kurang mampu di lingkungan kita.

Kenapa kita harus Soleh? Karena dalam istilah di Jawa di gambarkan “sing nandur kuwi yo sing ngunduh” (yang menanam itu pasti akan memetik hasilnya). Kalau kita menanam kebaikan pasti hasil kebaikanlah yang akan kita petik. Maka kita di harapkan menjauhi atau menghindari perbuatan yang tercela. Memberi bantuan tanpa pamrih (iklas) terhadap sesama manusia yang membutuhkannya. Serta sering-seringlah berbagi ilmu kebaikan kepada orang lain.

Menghadapi bulan puasa ini maka kita manusia di harapkan berbuat soleh dan ibadah diperbanyak, dan jangan lupa selalu ikut dalam kegiatan kemasyarakatan atau sosial, dimana sekarang di perkotaan sangat banyak orang/keluarga tidak mau kumpul dengan masyarakat sekitar dengan alasan terlalu sibuk kerja. Suatu alasan yang sangat klise dan dibuat-buat untuk tidak mau bersosialisasi terhadap masyarakat sekitar.(Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here