myimage.id | Stasiun Kereta Api Tuntang adalah stasiun kereta api wisata yang letaknya di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Tepatnya di dekat sungai Tuntang atau pertigaan jalan dari dari Bawen kearah kota Salatiga tapi menuju ke daerah Kecamatan Beringin kurang lebih 200 m sebelah kiri.

Stasiun Kereta Api Tuntang

Stasiun Kereta Api Tuntang ini di bangun oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1871, tetapi baru di operasikan dua tahun kemudian pada tahun 1873. Pada waktu itu Stasiun Kereta Api Tuntang ini di pergunakan oleh pemerintah Belanda sebagai tempat transit kereta api untuk mengangkut hasil pertanian dan peternakan yang ada di seputar kawasan Kabupaten Semarang  dan Grobogan yang bisa di jangkau oeh kereta api.

Stasiun Kereta Api Tuntang

Jalur kereta api pada jaman dahulu adalah Stasiun Bedono-Stasiun Ambarawa-Stasiun Tuntang Kabupaten Semarang sampai Stasiun Kedung Jati Kabupaten Grobogan. Stasiun Kereta Api Tuntang memang tidak selengkap Stasiun Kereta Api Ambarawa yang lebih banyak fasiltasnya mulai dari gedung sampai museumnya. Tapi istimewanya Stasiun Kereta Api Tuntang  disini dari mulai di bangunanya sampai sekarang tidak banyak terjadi perubahan bahkan prasastinya masih utuh ada disitu.

Stasiun Kereta Api Tuntang

Bangunan Stasiun Kereta Api Tuntang ini mengalami beberapa kali renovasi. Dan keadaan sekarang lebih bagus  dan lebih terawat. Mulai tahun 2002 sampai sekarang jalur Stasiun Kereta Api Tuntang mulai di hidupkan lagi oleh KAI. Stasiun Kereta Api Tuntang dihubungkan dengan Stasiun Kereta Api Ambarawa yang di pergunakan untuk para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Semarang ini. Setiap hari Minggu atau libur Stasiun Ambarawa ramai di kunjungi.

Stasiun Kereta Api Tuntang

Dengan paketan naik kereta api yang diesel sampai uap dari Stasiun Kereta Api Ambarawa menuju ke Stasiun Kereta Api Tuntang yang menyusuri pinggiran rawa pening pasti siapapun akan terpesona akan keindahan alam di sini. Sepanjang jalur kereta ini kita akan menikmati keindahan panorama alam rawa pening dan jalur pegunungan mulai Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo sampai Gunung Andong akan terlihat sebagai latar belakang rawa pening ini. Suatu pemandangan alam yang sangat indah, sedangkan di selah rawa ini juga kita disuguhi hamparan sawah yang membentang sampai pemandangan gunung Ungaran.

Sekarang baru ada pengerjaan jalur Stasiun Kereta api Tuntang sampai Stasiun Kedung Jati Kabupaten Grobogan rencananya mau dihidupkan lagi. Jadi nanti jalur kereta api ini mulai dari Stasiun Kereta Api Bedono, Stasiun Kereta Api Ambarawa, Stasiun Kereta Api Tuntang sampai Stasiun Kereta Api Kedung Jati Kabupaten Grobogan bisa kita nikmati lagi dengan naik kereta api. Suatu proyek yang sangat dinanti oleh masyarakat yang nantinya akan dapat bernostalgia lagi, dengan adanya jalur ini. Kesepakatan proyek ini sudah di tanda tangani oleh PT KAI, Kemenhub dan Gubenur Jawa Tengah pada tahun 2013 dan target nya pada tahun 2018 sudah bisa dioperasikan jalur ini. Kita tunggu saja hasilnya dan berharap segera bisa beroperasi.

Stasiun Kereta Api Tuntang

Tip untuk mendokumentasi bangunan belanda/bersejarah dari segi photografi adalah cari hal-hal kecil dan unik yang kadang di lupakan atau tidak terpikir untuk di ambil fotonya sama rekan kita seperti tulisan atau prasasti.  Atau bahkan tulisan-tulisan kecil semacam pabrik dari mana bahan ini di bangun seperti yang terlihat pada badan kereta api atau rel kereta apinya. Kalau itu kita lakukan saya yakin ada nilai plus yang lebih pada dokumentasi kita.  Hal-hal tersebut di atas ada pada Stasiun Kereta Api Tuntang ini. (Soebijanto/reog biyan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here