myimage.id | Tari Beksan Sekawan merupakan sebuah tarian yang menceritakan detail tentang kehidupan didunia ini dimana menyangkut  hal sangkan paraning dumadi (kehidupan ini ada awal, tengah dan akhir). Ini merupakan tarian keempat yang ditampilkan pada Gelar Karya Dosen 2017 di Auditorium Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesi Yogyakarta, jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon, Bantul Yogyakarta pada tanggal 11 November 2017 dengan tema “ Keberagaman Warna Satu Rasa”

Tari Beksan Sekawan

Tari Beksan Sekawan  ini bukan saja sekedar tarian yang menggerakan badan atau tubuh tapi lebih memaknai tujuan dari kehidupan didunia. Dengan pemahaman kita akan tujuan kehidupan didunia, maka hidup kita akan terarah pada tujuan yang hakiki. Kita mempunyai cita-cita atau impian dalam hidup ini, tapi hal itu semua hanya terbatas pada kehidupan didunia saja dan semua itu hanya sementara.

Tari Beksan Sekawan

Menari seperti aliran wirasa, wiraga dan wirama yang ketiganya ini dijadikan muara yang menjadi satu kesatuan utuh. Orang yang paling bahagia adalah orang yang memahami betul tentang untuk apa sebenarnya dia hidup didunia ini. Langkah kehidupan semua pasti berpedoman pada yang telah di gariskan Yang Maha Kuasa.

Tari Beksan Sekawan

Sekali lagi Tari Beksan Sekawan  karya Drs.D. Suharto, M.Sn menceritakan alpha dan omeganya manusia, dari Pencipta kita lahir, tumbuh dewasa dan akhirnya kita kembali lagi kepada Sang Pencipta.

Tari Beksan Sekawan

Tarian ini di tarikan oeh 4 penari dengan gerak dasar tari klasik Jawa. Tampil dengan gerak yang kompak dan rampak yang diiringi dengan gamelan klasik Jawa, bunyi kendang yang dominan membuat tarian ini mengalir dengan cerita yang jelas untuk dinikmati para penonton di Auditorium Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesi Yogyakarta.

Tari Beksan Sekawan

Tari Beksan Sekawan.

Panata Tari:Drs. D. Suharto, M.Sn
Penata Iringan:Anon Suneko, M.Sn
Penari:Lengkowo Pangestu Aji, Muflikh Auditama Hanisputra, Yestriyono Piliyanto, S.Sn, Sriwigiharjo, S. Sn, Benny Harminto, Oky Bagas Saputra
Pengrawit:Anon Suneko, Tristho, Adi Joko Waluyo, Luvita Arsandi Kusuma Wardani, Wan Ismanto, Yuwono Prastyo, Lukman Tri Susanto, Andriyarini Hibatussyam, Tri Sat Fitriani, Wahyudi, Sumaryono, Ageng Purwo Ariyanto, Dwi Astuti, Supriyadi

Tari Beksan Sekawan

Tari Beksan Sekawan

Dari sangkaning dumadi keparingan dumadi, ambeksa, ambekso,ambekso trus ambekso. Sebuah tarian yang syarat akan makna kehidupan, dimana puncak perkembangan spiritual adalah menyatu dengan Yang maha Kuasa, dimana disini menandakan menyatu dengan yang Maha Kuasa berarti kita mengalami kesadaran bahwa Tuhan ada di dalam diri kita masing-masing. (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here