myimage.id | Tari Gelang Room Madura adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang para wanita Madura yang gemar memakai gelang di kaki maupun tangannya. Gelang dalam hal ini menunjukan kelas strata di mata masyarakat Madura, serta sebagai pemacu semangat kerja buat para wanita Madura. Mereka bahkan sering merantau dengan harapan mendapatkan rejeki yang nanti akan dibelikan gelang emas sebagai bentuk kesuksesan wanita Madura.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Tarian ini ditarikan oleh Stikom Surabaya pada pegelaran seni tari di Dalem Prangwedan Pura Mangkunegaran dalam acara Setu Ponan ke 47, tepatnya pada tepat tanggal 24 Maret 2018. Acara ini sebagai peringatan lahirnya KGPAA Mangkunegaran IX yang lahir pada hari Sabtu Pon yang selalu digelar setiap 35 hari sekali, dimana penyelengaranya adalah Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Surakarta.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

UKM Stikom Surabaya merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan intra universitas yang peduli terhadap pengembangan dan pelestarian kesenian tradisional Jawa maupun modern. Sedangkan tujuannya adalah mewadahi minat berkesenian para mahasiswa Stikom Surabaya yang disalurkan lewat seni tari daerah maupun modern yang merupakan warisan budaya yang mempunyai nilai luhur.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Tarian ini tercipta dengan ide melihat fenomena keberadaan para perantau wanita Madura di Surabaya menjadi suatu inspirasi karya tari bagi seorang koreografer dari Surabaya yakni Dimas Pramuka Admaji yang pada tahun 2006, ia mendapatkan tugas dari Pemerintah Daerah Surabaya untuk mewakili Provinsi Jawa Timur dalam acara Parade Tari Nusantara di TMII Jakarta. Ia melihat bahwa fenomena para perantau wanita Madura sangat menarik untuk digarap menjadi sebuah karya tari. Berdasarkan fenomena tersebut Ia menggagas untuk menggarap sebuah karya tari bernafaskan Madura yang menonjolkan gelang tangan dan kaki.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Pola gerak tari ini disusun berdasarkan unsur gerak tari dari budaya Madura yang bersumber dari kehidupan para wanita Madura di kehidupan sehari-harinya yang dinamis. Geraknya spontan dan merupakan pengembangan gerak tari gaya Madura. Pola gerak yang digunakan seperti cara berjalan, memakai gelang, jalan miring, ada yang berdiri dan bersimpuh, gidhuk dan berhias atau berdandan.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Busana yang dikenakan menggunakan sarung, kebaya hitam lengan panjang dengan slepe warna merah kombinasi emas, celana ¾ hitam. Pada bagian kepala menggunakan semacam jilbab hitam dengan dihiasi bunga warna merah yang semuanya itu di tambah asesoris berupa sumping, gelang kaki dan tangan. Riasan yang digunakan menunjukan cantik yang menunjukan ketegasan wanita Madura.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Irama yang mengiringi Tari Gelang Room Madura ini menggunakan gendhing-gendhing Madura yang menceritakan tentang ketegasan para wanita Madura secara utuh tapi masih pada umumnya seorang wanita. Musiknya menggunakan musik khas Madura yang didominasi perkusi seperti bedug dan kenong yang sering digunakan untuk mengiringi festival karapan sapi dimana keselarasannya disesuaikan dengan gerak yang ditarikan.

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Tari Gelang Room Madura

1Persembahan:Stikom Surabaya
2Penari:
  1. Graciela
  2. Nestya
  3. Yolanda
  4. Dhika

 

Tari Gelang Room Madura, culture, modern dance

Sebuah tarian yang mengangkat budaya Madura, dimana para wanitanya yang memakai gelang emas selain sebagai asesoris juga sebagai symbol strata di masyarakat. Kesemuanya ini merupakan sebuah kekayaan adat istiadat yang dipunyai oleh Indonesia dengan segala keragaman yang tidak terbatas yang dapat dijadikan potensi di bidang pariwisata yang dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke Indonesia. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here