myimage.id | Tari Ngoyog Bali Jinjit merupakan sebuah tarian yang tercipta melalui metode konstruksi, dengan mengedepankan rangsang kinestetis yang di kemas dalam sebuah tarian. Ini merupakan tarian kedua yang ditampilkan pada Gelar Karya Dosen 2017 di Auditorium Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesi Yogyakarta, Jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon, Bantul Yogyakarta pada tanggal 11 November 2017 dengan tema “Keberagaman Warna Satu Rasa”.

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Tari Ngoyog Bali Jinjit ditarikan oleh 4 orang penari yang semuanya putri. Dimana semuanya mempunyai pergerakan tari yang teratur dan kompak. Tarian ini dapat digolongkan sebagai tarian kontemporer. Karena mengandalkan rangsang kinestetis maka disini para penarinya memperlihatkan gerak tari yang cepat dan teratur yang mereka pahami  yang mereka perlihatkan atau wujudkan dalam sebuah tarian.

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Gerak tari kinestetis merupakan gerak tari yang menerus dan beruntun yang bisa dikatakan merupakan gerak tari hiperaktif. Tarian ini sangat cocok ditarikan di usia yang muda karena membutuhkan gerak tari dengan tenaga dan pikiran yang focus yang dipadukan menjadi sebuah tarian.

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Tari Ngoyog Bali Jinjit benar-benar tarian yang memperlihatkan ekspresi diri, pergerakan, perputaran, perbedaan layaknya suatu perjalanan dari satu titik ke titik yang lain yang kemudian kembali lagi yang dimaknai sebagai rotasi kehidupan manusia di dunia ini.

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Iringan lagu cenderung masa kini atau modern menambah keindahan tari ini yang dipadu dengan lighting yang sempurna mampu membuat penonton di Auditorium Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesi Yogyakarta takjud terhadap tampilan tari yang disajikan.

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Walaupun menggunakan dasar gerak tari yang kinestetis tapi disini terlihat dasar gerak tari tetap menggunakan gerak tari klasik tradisional yang diramu dengan gerakan tari modern yang menjadi perpaduan yang sangat apik sekali.

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Penata Tari:Jiyu Wijayanti
Penata Musik:Gandung Djatmika
Penata Busana:Rochmad Fuadi
Penata Rias:Erlina Pantja
Penari:Rinjani Hanggarasih Larasti, Bulan Riestamara Putri, Anggun Ida Mawadda, Mutiara Febryan Kumbara
Pemusik:Wisnu, Ade, Drajat, Gesang dan Bilal

Tari Ngoyog Bali Jinjit

Sebuah konsep yang sangat menarik sekali, di mana Tari Ngoyog Bali Jinjit ini menggunakan konsep kinestetis yang mana jarang sekali orang mau melihat atau melirik kearah konsep -konsep perangsang seperti ini.. Karena melaui rangsang ini kita dapat menampilkan ekspresi emosi, senang, sedih, gembira dalam sebuah tampilan tarian. (Soebijanto/reog biyan).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here