myimage.id | Om Swastiastu, Namo Buddhaya, sugeng enjing, sugeng kewarasan sedoyo. Tari Pejuang merupakan sebuah tari tradisi dari Surakarta Jawa Tengah yang terinspirasi dari perjuangan rakyat Indonesia ketika melawan penjajah Belanda, yang mana pada jaman sekarang ini tarian ini lebih mengandung nilai-nilai dan semangat perjuangan yang digelorakan untuk menumbuhkan semangat untuk para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan.

Tari Pejuang

Tarian ini merupakan tarian keenam pada acara Gelar Karya “Pahlawan Tari” dalam rangka hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Sanggar Seni Jawa Tengah di Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah kota Surakarta pada tanggal 18 November 2017.

Tari Pejuang

Tari Pejuang ini kesemuanya ditarikan oleh para perempuan yang berjumlah 10 orang yang mana gerak tariannya banyak menggunakan gerak tari keprajuritan. Setiap gerak mengandung makna pembelaan yang dilakukan secara berkelompok.

Tari Pejuang

Tarian ini mengabungkan unsur teatrikal dengan unsur tari yang menggunakan komposisi yang sempurna dan saling melengkapi. Setiap geraknya selalu kompak dan artistik yang dipadu dengan riasan serta busana yang mendukung ditambah ligting yang sempurna menambah keindahan tari ini untuk disaksikan.

Tari Pejuang

Susunan tarian ini tidak menggunakan senapan, meriam ataupun bambu runcing, tetapi menggunakan properti seperti busur, panah dan keris, sehingga tari pejuang ini lebih terasa “Njawani” atau seni tari yang dilakukan dengan unsur-unsur budaya Jawa.

Tari Pejuang

Terasa sekali unsur budaya Jawa sangat dominan pada tarian ini. Dengan iringan Gamelan klasik Jawa menambah kekhasan Njawani pada tarian ini. Gerak dasar yang rampak dan tidak begitu rumit membuat tarian ini enak untuk dinikmati dan disaksikan oleh para penonton di Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah di kota Surakarta.

Tari Pejuang

Tari Pejuang

Perjuangan bangsa memang harus selalu diperjuangkan dan makna ini tergambar jelas pada tarian ini. Tidak hanya para lelaki, para perempuan juga ikut wajib untuk melakukan itu semua.

Tari Pejuang

Interaksi antara gerak dan iringan lagu mengalir dengan atraktifnya. Para penari menampilkan tarian ini dengan mantap tapi tetap anggun dan lugasnya layaknya perempuan Indonesia.

Tari Pejuang

Tari Pejuang

Persembahan:Sanggar Seni Kembang Lawu (Karanganyar)
Karya:S. Ngaliman
Penata Iringan:Karawitan “Komunitas Gamelan Mutihan” (KGM) Surakarta pimpinan Mas Lubini, S.Sn
Penari:Sekar tri kusuma, Khafita pramesti ningtyas, Warih, Dharmastuti, Chofifah indriyani, Wintang murti nareswari, Noviana ayom sari, Eka prasetyaningsih, Tri ardhini, Prabawaningtyas, Farah novihana nofembri, Sahara khairunnisa

Tari Pejuang

Tari Pejuang memberikan makna akan perjuangan bangsa yang mana pada jaman sekarang tidak lagi melawan penjajah Belanda tapi kita sekarang dituntut untuk mengisi kemerdekaannya yang dapat dilakukan melalui pelestarian  atau pembelaan seni dan budaya yang merupakan harta yang tak ternilai harganya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here