TPA Banyuurip Magelang

Myimage.id | TPA Banyuurip Magelang adalah salah satu pusat tempat pembuangan sampah di mana TPA ini selain dapat menghasilkan sesuatu yang sangat berguna bagi masyarakat seperti merecycle sampah tapi juga menghasilkan bio gas. TPA Banyuurip Magelang ini tepatnya di Dusun Plumbon, Desa Banyuurip, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

TPA Banyuurip Magelang

Luas TPA Banyuurip Magelang sekitar 5,4 Ha dengan kapasitas operasional sebesar 1.800.000 M3 dengan kolam leacheate sebesar 5.000M3, dan di perkirakan dengan kapasitas ini dapat melakukan produksinya sekitar 14 tahun masih bisa di gunakan.

TPA Banyuurip Magelang

Dengan keberadaannya di masyarakat sekitar dapat melakukan aktifitas yang bernilai ekonomis dengan mengumpulkan barang-barang bekas seperti plastik atau barang lain yang intinya dapat di daur ulang menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi. Biasanya sampah ini di bawa dengan pick up terbuka yang mana masyarakat pemulung ini sudah siap di tempatnya untuk mengambili barang ini. Setelah di ambil kemudian tugas alat berat mengembalikan ke bentuk semula.

TPA Banyuurip Magelang

 

TPA Banyuurip Magelang

 

Dengan kegiatan ini semua maka masyarakat sekitar secara tidak langsung akan terpengaruh terhadap kehidupan ekonomi dimana peluang kerja dan berwirausaha dapat di lakukan, sedangkan dampak yang dilakukan pemulung ini TPA Banyuurip Magelang ini karena timbunannnya di kurangi maka dapat memperpanjang usia TPA itu sendiri secara tidak langsung.

TPA Banyuurip Magelang ini di kelola oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota, Kota Magelang. Disini selain sebagai tempat pemulung ada juga semacan rumah kompos yang menghasilkan fregmentasi atau pengomposan sampah organik.

TPA Banyuurip Magelang

Sampah ini di campur dengan katul, air dan EM4 yang berfungsi mempercepat pengomposan sehingga akan menjadi pupuk kompos yang bisa di gunakan sabagai pupuk. Biasanya hasilnya di gunakan sendiri oleh  Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota, Kota Magelang, kalau pun ada masayakat yang beli , mereka pun di layani.

TPA Banyuurip Magelang

Selain itu TPA Banyuurip Magelang, juga menghasilkan bio gas, dimana sampah itu juga menghasilkan air yang biasanya disebut dengan air lindi, yang di tampung pada kolam tertentu.

TPA Banyuurip Magelang

Air lindi ini di campur dengan kotoran sapi pada satu tempat seperti tabung dimana disitu terjadi proses kimia yang menghasilkan gas metana yang disimpan pada tabung pastik. Gas metana ini dapat digunakan sebagai bahan gas pada kompor gas, selain itu juga dapat digunakan untuk menghidupkan Genzet dimana 1 M3 bio gas ini dapat digunakan menghidupkan lampu 60 Watt selama 7 jam.

TPA Banyuurip Magelang

TPA Banyuurip Magelang

Karena produksi bio gas ini masih sangat terbatas, maka bio gas ini juga di pergunakan juga pada waktu tertentu saja. (Soebijanto/reog biyan)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here