[metaslider id=499]

Lho kok bisa? …..tentu saja selama  kita berani mencoba hal baru bisa saja… Foto siang kesan malam  ini saya dapatkan tanpa sengaja pas saya iseng-iseng moto pada siang hari dengan menggunakan lensa kamera yang jarang sekali saya pakai. Pertama kali saya mendapatkan foto siang kesan malam, saya juga sangat kaget dengan hasil yang saya dapatkan dan kayak mendapat sesuatu yang baru di dalam dunia fotografi, karena rata-rata fotografer yang saya tanya jarang sekali mengalami seperti ini dan ketika saya tanya masalah hasil foto saya ini mereka rata-rata mengatakan bahwa foto yang saya ambil ini pada malam hari. Obyeknya diterangi dengan cahaya continyu pada malam hari dan terus saya ambil fotonya. Ternyata masih banyak yang tidak tahu foto siang kesan malam.

foto ini saya ambil jam 10.15 wib

Terus caranya gimana? Simple saja dan saya kira semua fotografer dapat melakukan hal ini…

  1. Sangat disarankan menggunakan lensa dengan fokal yang panjangnya sekitar 300mm, saya menggunakan 70-300mm.
  2. Pakailah mode Manual Full atau autofocus semua bisa
  3. Waktu melakukan foto siang kesan malam ini, antara pukul 09.30 wib sampai pukul 10.30 wib siang
  4. Buatlah posisi matahari, kita letakan di belakang badan kita (bersinar terik) dan obyek bunga atau obyek yang lain , misal kita ingin obyek selain bunga posisinya di depan kita kira-kira 3 sampai 4 meter.
  5. Back ground obyek kita semakin gelap semakin bagus.
  6. Posisi kita waktu ambil foto ini meyesuaikan dengan ketinggian dari obyek kita, kebetulan pada waktu saya ambil foto bunga ini saya dalam posisi agak jongkok.
  7. Kalau hasilnya masih kita anggap kurang bagus sudutnya, ulangi lagi beberapa kali  dengan ambil sudut yang lain tapi jangan terlalu ektrem perubahan posisinya, dan lihat hasil foto dengan perubahan satu satu sudut ke sudut yang lain.

Beberapa contoh bunga yang saya ambil dengan sudut yang sama tapi waktu yang berbeda, hasilnya beda dan yang jelas untuk mendapatkan foto siang kesan malam ini membutuh sedikit kesabaran dan ketekunan kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan semakin kita banyak mencoba foto siang kesan malam saya yakin anda akan mendapatkan foto yang sangat maksimal. Selamat mencoba dan tunggu trik-trik yang lain dari saya…selamat mencoba….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here