myimage.id | Tukang gali kubur merupakan suatu pekerjaan temporer yang sifatnya sosial kalau di desa, cenderung tidak mengharapkan imbalan yang lebih, mereka hanya di beri makan dan minum serta istilahnya uang beli sabun.

Tukang gali kubur

Tapi istilah ini berbeda dengan keberadaannnya di perkotaan, tukang gali kubur bisa di katakan suatu pekerjaan yang bayarannya bisa di katakan lumayan, karena pasti mereka akan memasang tarip yang mereka inginkan dengan harga yang wajar, baru setelah terjadi persetujuan mereka baru kerja.

Tukang gali kubur

Tukang gali kubur ini juga sifatnya temporer artinya pekerjaan ini tidak bisa kita dapatkan secara pasti, namanya juga berhubungan dengan kematian sesorang yang tidak tahu kapan pekerjaan ini bisa di laksanakan, baru setelah ada kematian pekerjaan ini bisa di laksanakan.

Tukang gali kubur

Rata-rata pekerjaan tukang gali kubur juga di lakukan oleh orang-orang yang pekerjaannya mempunyai banyak waktu luang dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi, sehingga juga ada kematian mereka bisa di minta tolong untuk segera melaksanakan pekerjaan ini dan pasti bisa.

Tukang gali kubur

Pekerjaan tukang gali kubur rata-rata berumur 40 tahun keatas, banyak anak-anak muda sekarang tidak tertarik bahkan berpikir pun tidak untuk menjadi penerus pekerjaan ini, kerena mereka beranggapan bahwa pekerjaan ini sangat tidak menarik serta kotor, lagian pekerjaan ini membutuhkan satu ketrampilan mencangkul yang pada jaman sekarang banyak anak-anak muda tidak mempunyai keahlian ini.

Tukang gali kubur

Walaupun pekerjaan ini tidak diminati oleh banyak orang tapi pekerjaan ini sangat di butuhkan oleh masyarakat banyak. Sekarang banyak di desa atau kota pekerjaan ini sudah tertata rapi atau sudah di koordinasi oleh Rukun Warga setempat bilamana ada kematian sudah ada petugasnya sendiri yang mana mereka di beri imbalan walaupun tidak banyak mereka mau melakukan pekerjaan ini.

Tukang gali kubur

Imbalan ini lebih bersifat menghargai mereka yang telah melakukan pekerjaan menggali kubur atau kalau mereka mengistlahkan adalah uang sabun. Artinya mereka melakukan pekerjaan ini pasti akan kotor baik badan maupun baju, maka mereka di kasih uang untuk membeli sabun yang berfungsi untuk membersihkan badan dan pakaian mereka.

Tukang gali kubur

Kalaupun keluarga yang sedang berduka cita memberikan makan dan minum mereka, itu bukan merupakan suatu kewajiban tapi lebih cenderung sifatnya mengucapkan terima kasih terhadap mereka yang di wujudkan lewat memberikan makan dan minum waktu kerja menggali kubur ini.

Tukang gali kubur

Walaupun sifatnya lebih ke sosial dan tidak banyak peminatnya,  pekerjaan tukang gali kubur patut di beri apresiasi yang tinggi karena tanpa keberadaan mereka masyarakat pasti akan kesusahan pada umumnya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here