Tukang rosok

[metaslider id=4333]

myimage.id | Tukang rosok dalam bahasa sehari hari adalah orang yang mengumpulkan barang bekas dari semua jenis, barang yang biasanya nanti di jual kembali dalam bentuk kiloan, barang ini bisa berupa apa saja, seperti peralatan rumah tangga sampai sampah yang sudah tidak berguna.

Tukang rosok

Seperti yang di lakukan Sri Wiyono penduduk Perum Ungaran Baru Blok B no 148, Kecamatan Ungaran Timur, sudah lama menekuni profesi sebagai tukang rosok, sampai dapat julukan Pak Yono tukang rosok, pasti semua di daerah leyangan ini akan kenal dengannya.

Tukang rosok

Pak Yono menekuni profesi ini sudah puluhan tahun, manis getirnya sudah mengalami semua. Tapi mulai 5 tahun yang lalu dia punya konsep yang mungkin tidak di punyai oleh tukang rosok lainnya, yaitu selain dia jualan rosok apa adanya, sekarang dia merecycle barang dagangannya. Dan hasilnya sangat menguntungkan sekali di lihat dari segi ekonominya. Tapi yang dituntut untuk melakukan ini adalah daya kreatifnya.

Tukang rosok

Pak Yono melakukan recycle barang yang dia dapat, mulai dari membuat kursi taman, ayunan, tempat lampu, tempat dudukan minuman sampai lemari es. Semua itu di lakukan untuk menambah hasil pekerjaannya. Barang-barang yang direcycle dia di pajang di depan rumahnya, biasanya yang membeli adalah orang-orang yang melihat dan mampir di rumahnya.

Tukang rosok

Dan sekali lagi barang-barang recycle itu merupakan barang edisi limited, karena kalau ada yang pesan lagi dia pasti nyatakan tidak bisa karena barang itu di buat hanya sekali dan kalau di ulang lagi pasti dia akan kesulitan cari bahannya lagi. Ini bukan barang yang bisa di ulang-ulang buatnya.

Tukang rosok

Motivasi Pak Yono melakukan itu semua adalah sebagai kepala rumah tanggal dia harus bertanggung jawab untuk menafkahi keluarganya serta menyekolahkan dua anaknya. Jaman sekarang tuntutan dan tekanan hidup lebih tinggi maka perlu adanya kreatifitas dalam mencari nafkah. Kesemuanya itu harus di lakukan dengan landasan niat dan kejujuran, karena itu merupakan kunci Pak Yono untuk mendapatkan kepercayaan klien selama ini. (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here