myimage.id | Ujian Kreatifitas 2 adalah sebuah  ujian Mata Kuliah Tari untuk mahasiswa Program Study Pendidikan Seni Tari, Jurusan Sendratasik yang menguji pencapaian para mahasiswa setelah mereka mendapatkan materi  tari yang merupakan muara dari semua materi dengan 16 kali pertemuan, diakhir semester para mahasiswa ini menampilkan sebuah kreatifitas diri yang dikerjakan, digarap dan ditata mereka sendiri secara keseluruhan.

Ujian Kreatifitas 2

Tema tiap tahun pastinya berbeda-beda, tapi kalau materi sama dan karena ini merupakan mata kuliah, maka mengikuti pola rencana pembelajaran pada satu semester, hanya pola pembelajarannya yang berbeda dan pembedanya itu biasanya pada tugasnya.

Ujian Kreatifitas 2

Seperti pada kreatifitas ini dibebaskan, hanya untuk semester kali ini memang batasannya bentuk-bentuk yang masih terkait dengan tradisi yang ada di Indonesia. Para mahasiswa ini nantinya harus berkreatifitas secara kontemporer tapi bernuansa tradisi harus mewarnai dalam ujian ini.

Ujian Kreatifitas 2

Ujian Kreatifitas 2 ini dipentaskan di Gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan Seni Tari, Universitas Negeri Semarang, tepatnya pada tanggal 12 Juli 2018 pukul 19.00 sampai selesai dengan menampilkan 9 sajian karya tari dengan Dosen Pengampu Drs. Bintang Hanggoro M Hum dan Sestri Indah Pebrianti S.Pd, M.A.

Ujian Kreatifitas 2

Karena ini merupakan Mata Kuliah Kreatifitas Tari, maka penilaian utamanya adalah bagaimana kreatifitas mahasiswa dalam bentuk rangkaian-rangkaian gerak walaupun sebenarnya rangkaian-rangkaian ini belum berwujud tari sepenuhnya, dalam artian tarian apa dan gambarannya apa belum berwujud.  Karena disini ada tataran atau gradasi Mata Kuliah mulai dari kreatifitas dan tujuan dari mata kuliah ini hanya bagaimana membangkitkan atau menumbuhkan kreatifitas mahasiswa dalam berolah tubuh.

Ujian Kreatifitas 2

Tataran selanjutnya setelah mahasiswa ini kreatif ada mata kuliah komposisi, disini mahasiswa mengkomposisikan sebuah karya tari yang utuh, kemudian yang terakhir adalah ujian kareografi yang mana disini para mahasiswa menciptakan sebuah tarian yang sudah ada jalan ceritanya maupun tema, yang semua itu diawali dari sebuah kreatifitas.

Ujian Kreatifitas 2

Ujian Kreatifitas 2

Semua yang ditampilkan disini dikreasi para mahasiswa ini dengan gerak-gerak tari yang berbasis pada tari tradisi, karena namanya kreatifitas maka para mahasiswa ini di beri kebebasan mulai dari gerak, busana, riasan sampai dengan iringan lagu yang mengiringi tarian ini, yang kesemuanya akan terlihat kental dengan tradisinya atau bahkan sama sekali tidak kelihatan.

Ujian Kreatifitas 2

Dengan adanya ujian ini diharapkan para mahasiswa ini di kedepannya bisa terjun langsung di masyarakat atau dunia nyata, mereka lebih siap menghadapi ini semua. Jurusan pendidikan sendratasik adalah mencetak guru-guru seni budaya, terutama tari. Setiap guru tari harus memiliki satu komponen olah tubuh yang kuat dan kreatif yang bagus. Maka media pementasan seperti ini sangat mereka perlukan.

Ujian Kreatifitas 2

Ketika nanti mereka lulus sudah ada pengalaman untuk menghadapi kasus-kasus seperti ini yang berhubungan dengan penciptaan tari, busana, iringan dan riasan tari yang semuanya sudah dipelajari waktu kuliah. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here