myimage.id | Festival Payung Indonesia 2017 di gelar di kota Solo tepatnya di kawasan Pura Mangkunegaran dimana event ini merupakan memasuki tahun ke IV yang berlangsung dari tanggal 15 sampai 17 September 2017. Dalam event ini pengunjung dari dalam maupun luar negeri di suguhi hasil karya payung yang ada di Indonesia, yang tampil semua pada ajang ini. Masyarakat di ajak mengenal lebih dalam tentang payung Indonesia yang merupakan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia yang pada event ini dijadikan bagian dari Pariwisata Indonesia khususnya kota Solo.

Festival Payung Indonesia 2017

Kali ini Festival Payung Indonesia 2017 mengusung tema “Sepayung Indonesia” yang mana makna dan filosofinya yang terkandung di dalamnya sangat dalam sekali, yaitu disini di gambarkan bahwa seorang pemimpin harus punya jiwa memayungi atau mengayomi terhadap semua elemen bawahannya atau masyrakatnya agar dapat hidup tentram dan damai. Hal inilah yang merupakan kepedulian pemimpin yang menyatu dengan kesadaran masyarakat terhadap makna “Sepayung Indonesia” yang merupakan ciri atau identitas masyarakat Indonesia yang sebenarnya dalam menghargai citra dan identitas seni budaya bangsanya.

Festival Payung Indonesia 2017

Selama Festival Payung Indonesia 2017 tidak hanya dengan pameran payung saja tapi juga ada kegiatan pendukung lainnya seperti fashion show kain lurik, demo lukis payung anak-anak, arak-arakan payung, sarasehan, workshop dan pentas tari dan  lomba lukis payung. Festival Payung Indonesia 2017 ini di gelar di Pura Mangkunegaran mempunyai alasan agar masyarakat atau wisatawan lebih mengenal Pura Mangkunegaran sebagai salah satu destinasi pariwisata dan tempat bersejarah, dimana Pura Mangkunegaran  adalah salah satu istana Keraton Solo yang di punyai Indonesia.

Selama event ini masyarakat yang hadir disini bisa berselfi ria, karena disini banyak sekali menyajikan tempat-tempat untuk berfoto ria yang bagus sekali dimana semua mengandung unsur payung dengan corak dan warna yang sangat beragam sekali.

Festival Payung Indonesia 2017

Pada penutupan Festival Payung Indonesia 2017 ada yang istimewa, yaitu menghadirkan para Maestro Tari yang ada di Indonesia. Tapi sebelum mereka tampil di dahului tampilan tari dari Saka Gallery dan dilanjutkan dengan Kemlaka dan Pesona Nusantara yang semua membawakan tarian yang mengandung unsur payung. Kemudian di lanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba mulai dari lomba melukis payung, lomba foto sampai lomba merajut payung.

Festival Payung Indonesia 2017

Festival Payung Indonesia 2017

Pada event ini perwakilan dari Negara Thailand bahkan datang memberikan kenang-kenangan kepada ketua panitia berupa payung yang diwakili oleh icon Festival Payung Indonesia , putri Pura Mangkunegaran GRaj. Ancilla Sura Marina Sudjiwo, dilanjutkan dengan dongeng Sonsong dan Mangkunegaran yang di bawakan oleh Heri Priyatmoko yang merupakan salah satu sejarawan Pura Mangkunegaran.

Festival Payung Indonesia 2017

Pada acara puncak yaitu Maestro tari Indonesia yang mana mereka membawakan tarian secara live secara individu di awali oleh Rusini dari Solo yang membawakan tarian Roncen, Ibu Ayu Bulantrisna Djelanti dari Bali yang membawakan tarian Joget Pingitan,Ibu Retno Maruti dari Jakarta membawakan tarian Sekar Puri, Ibu Hj. Munasiah Daeng Jinne dari Makasar membawakan tarian Pakarena, Dariah dari Banyumas membawakan tarian Lengger Lanang dan di akhiri oleh Maestro Didik Nini Thowok dari Yogyakarta membawakan tari Dwi Muko Jepindo. Merupakan pertunjukan tari yang sangat jarang kita temui, dimana para Maestro ini menyajikan tarian dengan sangat elegan dengan ciri khas masing-masing.

Festival Payung Indonesia 2017

Pada penutupan acara Festival Payung Indonesia 2017 ini secara khusus Pura Mangkunegaran memberikan apresiasinya kepada para Maestro Tari ini dengan memberikan sertifikat dan bingkisan dari batik pria tampan yang diserahkan langsung oleh Sri Paduka Mangkunegoro ke IX. Selain itu juga di berikan penghargaan juga terhadap Maestro Payung Indonesia, Mbah Rasimun dari kota Malang dan Mbah Mislam dari kota Banyumas.

Festival Payung Indonesia 2017

Festival Payung Indonesia 2017 merupakan satu satu event seni dan budaya yang dipunyai Kota Solo dan ini salah satu andalan kota Solo untuk menarik wisatawan local maupun asing. Harapannya dengan adanya event ini memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan seni dan budaya di bidang sektor Pariwisata dalam mengatasi tekanan era globalisasi sekarang ini sehingga tercapai cita-cita yang luhur dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia. (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here