Myimage.id | Upacara melasti di pantai Marina Semarang merupakan upacara menyambut hari suci NYEPI, yang intinya adalah penyucian hati kita terhadap maha kuasa atas dosa-dosa kita yang telah kita lakukan dan berharap untuk tahun kedepan perbuatan itu tidak kita ulangi lagi dan menjadi lebih baik dan kembali suci.

Upacara melasti ini selalu di peringati oleh umat Hindu. Biasanya Upacara melasti di pantai Marina Semarang di lakukan di tepi laut atau danau. Ini berkaitan dengan “nganyudang malaring gumi hgamat tirta amarta” yang artinya menghayutkan dosa-dosa di dalam diri kita dan kejahatan yang ada di bumi lewat air. Karena sumber air bagi umat Hindu merupakan sumber kehidupan yang harus mereka jaga selama hidup didunia ini.

Upacara melasti di pantai Marina Semarang di awali dengan membawakan sesaji dan persembahan yang di bawa umat Hindu yang telah mereka persiapkan dari rumah. Upacara melasti di pantai Marina Semarang banyak membuat terkejut pengunjung pantai marina karena rata-rata pengunjung pada hari minggu ini tidak tahu mengenai atau adanya upacara melasti ini. Tapi dengan adanya upacara melasti ini malah menjadi tontonan yang sangat menarik sekali bagi pengunjung pantai marina. Ketika salah satu pengunjung satu keluarga Singgih Wijayanto/ Reni Octariani waktu kita wawancari mereka mengatakan, terkejut tapi malah ikut mengabadikan moment tersebut walaupun dengan handphone mereka. Suatu acara sembayang umat Hindu yang jarang mereka lihat. Dan rata-rata pengunjung di pantai marina ini sangat menghargai apa yang umat Hindu lakukan.

Dari persembahan atau sesaji yang telah di arak itu di bawa ke panggung utama di pinggir pantai marina dimana panggung Upacara melasti di pantai Marina Semarang membelakangi laut. Upacara melasti kali ini pada waktu mulai, sempat diguyur oleh hujan. Tapi itu bukan halangan bagi umat Hindu untuk melakukan upacara melasti ini. Upacara di mulai dengan percikan air suci yang dilakukan oleh para pemangku terhadap sesaji dan umat Hindu yang ikut di upacara melasti ini. Kemudian dilanjutkan dengan pengepulan asap dupa yang harum baunya. Upacara melasti di pantai Marina Semarang juga di jaga oleh para pecalang (polisi adat) untuk mengamankan dan membuat upacara melasti ini lebih khitmat.

Upacara melasti di pantai Marina Semarang sangat khitmat sampai acara selesai. Selamat melasti dan selamat Hari Nyepi bagi umat Hindu. Semoga dengan kita memperingati upacara ini kita sebagai manusia menjadi lebih baik dan sebelumnya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here